Friday, June 2, 2017

Pedih

Tulisan kali ini bukan karena komitmen saya untuk menulis paling gak seminggu sekali di blog ini, tapi karena kondisi hati dan jiwa saya sedang karam lagi. Kepedihan ini masih sering mengejar saya meski belakangan saya tidak lagi lari darinya, saya hanya mengacuhkannya. Yah..apalagi kalo bukan soal anak dan persoalan ini akan mengarah juga kepada rumah tangga. Hampir lima tahun menikah dan belum juga dianugrahin anak, meski dokter mengatakan semua baik-baik saja (walo saya pengen bilang hati dan pikiran saya enggak dok..), tentu udah gak asing lagi dengan beragam pertanyaan maupun saran dan kritik pedas dari orang sekitar termasuk keluarga. Begitu tidak asingnya sampe saya eneg, bosen, pedih bahkan kesel kalo dibahas soal itu. Bagi saya, hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga saya termasuk anak adalah hal pribadi dan gak perlu saya umbar ke semua orang kecuali para sahabat saya. Awalnya saya masih tanggepin dengan sabar, banyakin senyum dan jawab iya iya iya karena gak enak ama orang yang nanya.. tapi lama-kelamaan jadi jenuh dan menghindari semua pembahasan itu dan kalo ada yang ngbahas pun saya enggan nanggepin. Saya pikir, selama ini saya cuma jaga perasaan orang yang nanya makanya ngladenin lah trus mereka gak ngjaga perasaan saya apa ya makanya nanyain itu mlulu? Bagi yang gak pernah ngerasain lama menunggu kedatangan anak, mungkin gak paham rasanya kayak apa. Gak paham juga gimana sakit dan pedihnya perasaan seperti yang saya rasakan setiap orang bahas soal anak atau menanyakan kenapa belum punya anak juga. Bagi saya semua jawaban serba tidak memuaskan mereka. Saya jawab semua baik-baik aja koq udah cek ke dokter, tapi mereka bakal bilang baik-baik aja tapi koq belum hamil juga? Lah trus saya kudu jawab apa? Saya juga gak tau jawabannya kan? Atau ada juga yang bilang kalo saya dan suami gak berusaha maksimal. Saya narik napas dulu deh ya… kita pasangan suami istri normal yang pengen punya anak dan cucu, pekerjaan yang membuat kami harus LDR-an sejak nikah bukan berarti ngbuat kami jadi ogah-ogahan untuk “usaha” punya anak. Tapi saya tau percuma juga dijelasin karena bakal gak diterima juga dan cape ngjelasinnya. Bahkan ada juga yang nyuruh suami saya nikah lagi. Hah?! Kalo saya gak bisa nahan emosi dan karena masih punya harga diri karena udah disekolahin ama orang tua saya, pengen saya labrak itu orang yang ngomong. Tapi lagi-lagi saya diam dan cuma nangis ama Tuhan. Saya jaraaanng banget nangis didepan suami karena gak pengen suami jadi kepikiran dan ikutan pedih. Suami udah cape dan berjuang bisa balik dengan menempuh perjalanan darat hampir 10 jam supaya bisa ketemu ama saya, masa iya saya tega nambah kelelahan raganya dengan kelelahan batin juga? Pernah sekali saya merengek-rengek ampe nangis berurai airmata (ini enggak lebay) soal anak karena gak tahan ama omongan orang dan jawaban suami saya buat hati saya makin hancur.. “Yang bisa ngasih kan Tuhan dek, bukan abang. Kalo bisa abang juga pasti kasih.” Suami saya ngomong gitu sambil nahan pedih. Sejak itu saya gak pernah merengek ataupun nangis di depannya soal anak karena saya mengerti kalo dia pun pedih tapi hanya bisa pasrah sama Tuhan. 

Pada awalnya saya enggan menuliskan ini, tapi ntah siapapun yang membaca ini saya hanya berharap dapat menjadi masukan pemikiran pembaca terhadap hal ini. Setelah perdebatan batin dalam doa-doa yang saya alami beberapa tahun belakangan, saya akhirnya sampai pada kesimpulan ini.

Tujuan pernikahan bukan hanya bersatunya dua pribadi namun juga untuk memiliki keturunan. Namun, apakah pernikahan menjadi tidak sempurna jika tidak memiliki keturunan? Bukankah ketika dua pribadi disatukan dan mampu memuliakan Tuhannya, itu sudah cukup? Jika kemudian mereka diberi keturunan maka itu adalah “bonus” atau anugrah tambahan/pelengkap kebahagiaan? Bagaimana jika Tuhan pengen agar kasih yang kita miliki dibagikan dengan mereka yang tidak dikasihi? Seperti adopsi anak misalnya. Apa kita lantas jadi marah-marah ama Tuhan trus ninggalin Tuhan? Saya juga pernah marah ama Tuhan tapi kemudian saya sadar betapa jahat dan berdosanya saya berbuat begitu. Saya menuntut seolah-olah saya yang punya kuasa atas hidup saya, mengatur cara maupun waktunya Tuhan. Sama aja kayak durhaka ama Tuhan. Bersyukur Tuhan masih sadarkan saya. Namun, saya masih kecewa dengan pola pikir masyarakat yang masih mengecilkan pasangan yang tidak memiliki anak atau memiliki anak adopsi. Apakah salah jika mengadopsi anak? Apakah salah jika tidak punya anak? Terlalu dangkal rasanya jika kebahagiaan hanya dinilai dari ada tidaknya anak dalam pernikahan. Apalagi dalam keluarga Batak seperti saya ini, konsekuensi dari kondisi saya sekarang ini enggak kecil. Belum punya anak dipertanyakan, punya anak perempuan juga dipertanyakan kenapa belum punya anak laki-laki (lelah hati..). Tapi, saya pikir selama saya gak berbuat dosa dimata Tuhan, kenapa harus pusing mikirin tuntutan adat istiadat? Bukan berarti saya gak menghormati, tapi ada kalanya adat harus juga “melunak” dalam hal-hal tertentu seperti ini. Ingat, Tuhan hanya satu dan kita bukan Tuhan.

Membatasi percakapan atau menanyakan hal pribadi soal anak kepada mereka yang belum memiliki anak akan sangat membantu, terutama kaum perempuan yang suka ngobrol sebaiknya lebih memfilter jika terkait hal tersebut. Saya lebih banyak punya temen cowok daripada cewek karena menurut saya lebih nyaman berteman dengan mereka, gak rewel dan gak bakalan nanyain soal rumah tangga apalagi anak. Tapi tetep aja sebagai perempuan yang udah bersuami harus jaga jarak juga dalam berteman dengan lawan jenis.

Bagi sesama pejuang seperti saya, berhentilah lari dari kepedihan ini. Hadapi saja dan kalo lelah, acuhkanlah. Nikmati hidup bahagia dengan kekasih hatimu, bahagiakan suamimu dan lakukan apa yang membuatmu bahagia. Saya tidak akan membahas tentang pengobatan atau perawatan apapun disini karena saya percaya setiap pejuang sudah mencoba berbagai cara yang bisa dilakukan jadi yang lebih dibutuhkan adalah penguatan mental. Hidup hanya sekali, terpuruk dan karam boleh saja tapi hidup akan lebih berharga ketika kita kuat untuk kembali mengayuh dan berlayar hingga mencapai labuhan yang teduh. Kalo kita terus-menerus menikmati keterpurukan kita maka akan ada banyak hal indah yang kita lewatkan. Itu pengalaman saya loh J Perbanyak berdoa karena tidak ada tempat paling teduh selain ketika kita berlutut berdoa dihadapanNYA.  

0 comments:

Hello world.. ^__^

Hello world.. ^__^

Advertising

Advertising

Labels

About Me

My Photo
Perfect Melancholic - Strong Choleric - Pluviophile

Entri Populer