Monday, June 19, 2017

Super Food

Belakangan ini, udah sekitar dua bulan, saya aktif olahraga dan hidup sehat. Bukan berarti selama ini gak hidup sehat, tapi hidup sehat yang saya maksud lebih ke jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Mulai ngurangin yang namanya lemak, penyedap dan teman-temanya dan beralih ke yang seger dan organic. Pemicu awalnya karena dua bulan sebelumnya saya sakit melulu, yang flu lah, batuk lah, demam lah, lelah deh dalam sebulan bisa dua kali ketemu dokter gara-gara sakit. Bahkan dokter dan perawatnya sampe heran karena gak biasanya saya langganan begitu sakitnya (kalo sakit saya selalu ke dokter ini makanya udah kenal). Kondisi saya kalo udah flu pasti tepar, maksa ke kantor juga bawaannya lemes banget, gak cuma hidung yang meler tapi mata juga merah berair dan sakit kepalanya gak tertahan. Udah jadi penyakit yang menemani saya dari jaman dulu sih kayaknya ini flu heheee.. karena itulah saya akhirnya bertekad untuk olahraga rutin. Yup awalnya memang cuma pengen rajin olahraga dan yang kepikir adalah jalan ama jogging karena saya ngerasa gampang banget kaki pegel kalo jalan-jalan di mall *eh?* Tapi ini beneran loh. Jadi berasa lemah banget ini kaki, jangan sampe osteoporosis dini *amit amit amit amit*
Setelah sebulan olahraga rutin, saya nambahin juga ama konsumsi makanan sehat dan jenis olahraganya juga saya tambah. Sejauh ini saya merasa lebih kuat dan sehat hohoohoo.. Berat badan juga udah hampir kembali seperti sebelum nikah dulu, masih berjuang untuk turun satu atau dua kilo lagi biar badan lebih ringan. Penurunan berat badan ini saya anggap perjuangan kedua selain sehat. Kalo turun ya syukur, kalo tetap ya udah..yang penting sehat J

Selain itu, bulan Mei kemarin Bapa Mertua saya kena serangan jantung, bersyukur setelah sekitar seminggu rawat inap bisa lanjut pemulihan di rumah. Saya cukup trauma ama penyakit jantung karena mendiang mama saya juga kena. Oleh karena itu, saya terpicu untuk hidup sehat bahkan saya juga ngajakin suami buat ikutan hidup sehat. Suami memang sulit hidup sehat, bukan karena gak mau tapi karena tinggal sendirian jauh dari saya jadinya ogah-ogahan kalo harus milih makanan ataupun olahraga. Tapi saya usahain dia bawa makanan sehat dari rumah sebagai bekal di perantauan sana. Makanan sehat atau yang biasa dikenal dengan super food, saya tambahkan dalam menu sarapan dan makan malam saya. Ntar saya posting hasil buatan saya, walo gak semua sempat kefoto hahaaa.. Saya juga ajakin teman satu bagian/seksi saya di kantor untuk cobain hidup sehat. Kehidupan kita yang sebagian besar habis ngurusin kerjaan di kantor, harus kita seimbangkan dengan raga yang sehat juga. Jadi olahraga dan makan sehat itu wajib yaa..

Untuk makanan yang mengandung oat, saya jadikan menu sarapan. Sedangkan untuk makan malam saya biasanya buat smoothies atau makan buah langsung cuma dipotong-potong aja. Semua tergantung selera, yang penting kebutuhan nutrisi kita tercukupi untuk beraktivitas setiap harinya. Saya masih makan nasi ataupun daging-dagingan, tapi hanya di siang hari. Kalopun terpaksa di malam hari (misal diajakin suami atau teman-teman ngumpul), jumlahnya saya batasi dan tidak saya gabung dengan karbohidrat. 
Ini beberapa hasil eksekusi saya, lumayan sekalian latian jepret sana sini ^__^
Breakfast : Chia Pudding With Kiwi and Dates
Ingredients : reguler oat plus, organic black chia seed,
vanilla milk low fat, strawberry yougurt,
kiwi sun gold, dates

Dinner : Mango Smoothies
Ingredients : mango, organic black chia seeds,
plain milk-low fat, yougurt, pecan

Dinner : Super Brain Smoothies
Ingredients : strawberry, kiwi, banana,
organic black chia seeds
vanilla milk-low fat
Breakfast : pomegranate overnight oats
Ingredients : reguler oat plus, organic black chia seeds,
plain milk - low fat, strawberry yougurt,
pomegranate seeds, fresh strawberry
Smoothies yang dibuat bisa aja ditambahin topping buah segar ataupun super food yang disuka, tapi kalo saya gak selalu nambahin topping karena jika bahan untuk smoothies-nya udah mengenyangkan maka gak saya kasih topping lagi. Sejauh ini selain harga super food dan buah yang lumayan mahal, kendalanya adalah suami saya kurang suka oat jadi kemungkinan akan ganti dengan super food yang lain heheee.. Searching dulu deh ntar enaknya yang mana :p 

0 comments:

Hello world.. ^__^

Hello world.. ^__^

Advertising

Advertising

Labels

About Me

My Photo
Perfect Melancholic - Strong Choleric - Pluviophile

Entri Populer